Jenis-jenis kantong plastik

  • Plastik PP (Polypropylene)

Ini adalah jenis plastik yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk mengemas barang atau benda atau makanan yang ingin ditampilkan rupa dan bentuknya, karena plastik ini transparan dan berwarna bening. Plastik PP biasanya dimanfaatkan untuk packing atau untuk membungkus makanan ringan seperti snack, pakaian, gula, dan benda-benda lainnya.

Plastik ini memiliki dua tipe yaitu berbentuk: Lembaran, dan Roll

Pada umumnya, untuk tipe lembaran tersedia dalam kemasan 25 kg. Sedangkan tipe roll, tersedia dalam kemasan 10 kg-15 kg. Jadi jika suatu saat Anda beli di distributor plastik, kemungkinan besar Anda akan ditawarkan dalam ukuran kilogram bukan grosiran.

  • Plastik PE (Poly Ethylene)

Plastik jenis ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengemas atau packing cairan seperti minuman, digunakan juga untuk membungkus makanan berkuah, atau benda-benda berukuran kecil.

Plastik PE (Poly Ethylene) memiliki ketebalan yang bermacam-macam mulai dari 0.015 mm – 0.150 mm.

  • Plastik OPP (Oriented Polystyrene)

Ciri-ciri plastik ini bening atau transparan. Sering digunakan untuk membungkus makanan kering maupun basah yang bersuhu dingin seperti roti dan makanan ringan lainnya. Sering juga digunakan untuk mengemas pakaian baru yang akan dijual.

Plastik jenis ini tidak cocok digunakan untuk mengemas makanan-makanan panas karena OPP (Oriented Polystyrene) tidak tahan terhadap panas.

Ada dua pilihan OPP (Oriented Polystyrene) yaitu, Plastik OPP (Oriented Polystyrene) yang menggunakan lem dan non-lem.

  • Plastik HDPE (High Density Polyethylene)

Ciri-ciri plastik ini berwarna putih dan tidak transparan. Biasanya digunakan untuk membungkus barang-barang belanjaan, minyak, digunakan juga sebagai plastik anti panas. Masyarakat juga sering memanfaatkannya untuk membungkus sayuran saat berbelanja di pasar.

Plastik ini memiliki tingkat fleksibilitas yang sangat tinggi dan kekuatan yang baik, sehingga cukup bisa diandalkan untuk membawa beban berat. Umumnya HDPE (High Density Polyethylene) ditawarkan dengan ketebalan antara 0.015 mm-0.150 mm.

  • Plastik LDPE (Low Density Polyethylene)

Plastik ini biasanya dijual atau ditawarkan per roll oleh distributor/agen. Ini adalah plastik yang sering dimanfaatkan wrapping, untuk membungkus roti, dan lain-lain.

Leave A Comment